News Ticker

AutoCAD Cartesian Workspace

AutoCAD Cartesian Workspace – Cartesian pada aplikasi AutoCAD terdiri dari dua sumbu penting; x dan y. Dimana x berada pada sumbu horizontal sedangkan y berada pada sumbu vertikal. Biasanya AutoCAD cartesian workspace berfungsi untuk mengetahui lokasi gambar pada layar kerja.

AutoCAD x y coordinate

Selain fungsi sumbu x dan y yang digunakan pada sistem 2 dimensi, anda juga akan mendapati ada tiga penggunaan coordinate; x, y dan z yang hanya didapati pada penggambaran 3 dimensi.

AutoCAD x y z coordinate

Penggambaran menggunakan coordinate biasanya sering dilakukan untuk proses seperti pemetaan dan sejenisnya. Untuk penggambaran seperti floor plan, sudah dapat dilakukan dengan input point yang terdapat pada perintah AutoCAD.

Seperti contoh, ketika anda ingin menggambar sebuah objek garis, anda dapat mengetikkan L (enter), kemudian tentukan titik pertama dan titik kedua dari line menggunakan mouse.

AutoCAD Line 2 Point

Apabila menggunakan coordinate dengan point tertentu, anda dapat mengetikkan nilai x dan y; seperti (3,2) untuk titik awal dan (5,2) untuk titik akhir dari garis.

AutoCAD Coordinate

Anda perlu mematikan fitur enable pointer input dan enable dimension input where possible jika melakukan proses penggambaran menggunakan coordinate system.

AutoCAD Dynamic Input

Ketik ds (enter) > pilih Dynamic Input Tab > Uncheck “enable pointer input” dan “Enable dimension input where possible”.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*