News Ticker

Cara Menggunakan Bump Di 3ds Max

MufasuCAD.com – Bump merupakan salah satu efek material 3ds Max yang dapat digunakan untuk menciptakan objek dengan permukaan yang kasar. Efek ini sering diaplikasikan pada objek-objek seperti meja, lantai, tembok dan sejenisnya.

Untuk menciptakan efek bump yang lebih sempurna, anda memerlukan dua gambar yang berwarna dan hitam putih. Untuk gambar yang berwarna digunakan pada efek diffuse sedangkan untuk yang hitam putih ditempatkan pada efek bump.

Cara Menggunakan Efek Bump Di 3ds Max

  • Berikut adalah objek yang akan diberikan efek bump

Cara Menggunakan Bump Di 3ds Max

  • Tekan M, kemudian akan muncul kotak dialog material editor
  • Klik kotak pada opsi Diffuse, kemudian klik bitmap 2x

Cara Bump Di 3ds Max

  • Cari gambar yang berwarna, klik open

Bump Di 3ds Max

  • Pada material editor ganti opsi ke default

Bump 3ds Max

  • Scroll ke bawah, pilih Maps, Check pada Bump dan beri nilai 100. Kemudian klik tombol None, Pilih Bitmap dan masukkan gambar yang berwarna hitam putih

Bump Max

  • Assign material ke objek dan lakukan render untuk melihat hasilnya

Cara Bump Di Max 3ds

  • Untuk menciptakan efek bump yang lebih kasar, anda dapat meningkatkan nilai bump contoh 200

Cara Bump Di Max

Leave a comment

Your email address will not be published.


*