News Ticker


Cara Print Skalatis Di Model Dan Layout Pada AutoCAD

MufasuCAD.com – Sering kejadian bagi para pengguna aplikasi AutoCAD, dimana hasil print pada kertas tidak skalatis atau tidak sesuai dengan ukuran aslinya. Dapat dibilang hasilnya ketika diukur 1 mm pada gambar bukan 1 mm pada kertas.

Sebenarnya apa sih settingan yang perlu dilakukan agar hasilnya skalatis dan sesuai dengan yang diharapkan? Untuk plot atau print pada model tab, kunci utamanya terletak pada settingan plot scale. Terkadang user menggunakan opsi fit to paper, padahal dengan opsi tersebut hasilnya ngak akan skalatis.

Tutorial Video Bahasa Indonesia Cara Plot Skalatis

Untuk hasil yang lebih bagus ada perlu setting di skalanya, misal 1 mm = 1 units. Ini berarti satu poin di gambar akan di print 1 mm di kertas. Misal anda menggambar garis dengan panjang 10, berarti nanti di kertas akan di print out dengan ukuran 10 mm.

Berbeda lagi jika melakukan plotting atau print pada layout tab. Pada case tersebut, anda tidak perlu merubah settingan skala di plot dan pastikan dengan skala 1:1. Selanjutnya untuk merubah skalanya hanya perlu melalui drawing, jadi pekerjaan bisa lebih singkat tanpa membuat template.

Kelemahan utama ketika melakukan plotting lewat model tab adalah anda perlu membuat template dalam jumlah banyak untuk masing2 gambar yang berbeda skalanya, sedangkan jika lewat layout, anda hanya perlu membuat 1 saja dan perubahan dimensi bisa dilakukan langsung pada gambarnya.

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Translate »