News Ticker


Fitur Dan Fasilitas AutoCAD Yang Sering Digunakan

MufasuCAD.com – Seperti yang kita ketahui, Autocad merupakan sebuah aplikasi drafting yang paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dan kali ini kami akan membahas fitur dan fasilitas autocad yang sering sekali digunakan.

1. Tools 2D dan 3D Drafting
Faktor utama yang dapat mempermudah melakukan proses drafting adalah karena dukungan dari tools 2d dan 3d yang disediakan. Di Autocad tools tersebut terbilang cukup lengkap, dan anda pun dapat menggunakannya dengan mudah dan cepat.

Tools 2D pada Autocad biasanya meliputi perintah-perintah draw (seperti line, circle, polygon dll) dan modify (seperti fillet, chamfer, trim dll). Sedangkan untuk tools 3d mencakup perintah-perintah 3d solid (seperti extrude, presspull, loft dll) dan surface.

2. 3 Opsi Rendering
Di Autocad anda dapat menentukan bagaimana cara termudah untuk melakukan proses rendering dengan menyesuaikan pada spesifikasi komputer yang digunakan.

Dua opsi rendering yang dapat digunakan mulai dari rendering menggunakan CPU ataupun dengan GPU. Untuk hasil yang lebih cepat, biasanya opsi CPU lebih sering digunakan, sedangkan untuk opsi GPU lebih banyak digunakan ketika kita ingin mengerjakan pekerjaan lain namun sambil tetap melakukan proses render.

Opsi lainnya adalah fasilitas cloud render, dimana anda hanya perlu meng-upload file ke cloud. Ketika proses rendering telah selesai, anda akan mendapatkan notifikasi melalui email.

3. Konversi Pdf ke Dwg dan sebaliknya
Tidak jarang para drafter mendapatkan pdf dari seseorang untuk kemudian dibuat ulang gambarnya. Dengan fitur pdf ke dwg pada autocad, tentunya anda dapat dengan mudah menyelesaikan masalah itu dengan rentan waktu yang lebih cepat ketimbang mengambarnya kembali.

Disamping itu autocad juga bisa melakukan print gambar dalam format pdf. Dalam beberapa kasus anda dapat mengirimkan gambar dengan format pdf ke client, dan mereka pun akan dengan mudah untuk membuka-nya. Karena tidak jarang ketika kita mengirimkan file dwg, mereka tidak bisa membukanya yang disebabkan tidak memiliki aplikasi ataupun versi autocad yang tidak sesuai.

4. Ekstensi dwg yang bisa digunakan di banyak aplikasi
Salah satu kelebihan dari aplikasi Autocad adalah memiliki ekstensi file dwg yang dapat digunakan di berbagai jenis aplikasi seperti sketchup, solidworks, bricscad dan sejenisnya. Dengan begitu jika anda tidak memiliki aplikasi autocad, anda pun dapat menjalankannya di aplikasi cad lainnya.

5. Mendukung program LISP
LISP merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bisa digunakan pada aplikasi Autocad. Bahasa tersebut biasanya sering digunakan untuk mempersingkat penggunaan perintah-perintah ketika menggambar, sehingga proses penggambaran bisa menjadi lebih cepat dan mudah.

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Translate »