News Ticker

Memahami AutoCAD Sumbu Koordinat XYZ

MufasuCAD.com – Setiap penggambaran dalam AutoCAD dapat diidentifikasikan menggunakan sumbu xyz. Pada konteks 2 dimensi, anda hanya akan menggunakan dua sumbu xy, sedangkan untuk tiga dimensi menggunakan tiga sumbu xyz.

AutoCAD Sumbu XY

Untuk proses penggambaran 2D, secara default akan menggunakan view top dengan visual style 2D wireframe. Anda akan melihat pada bagian kiri bawah tanda sumbu x (merah) dan y (hijau). Jika anda mengganti view menjadi front atau left, anda pun akan melihat sumbu x dan y. Jadi akan sah-sah saja jika anda melakukan penggambaran 2D pada view top, ataupun yang lainnya.

Berbeda jika melakukan proses penggambaran 3D yang secara otomatis harus memahami kaidah xyz. Seperti contoh anda dapat mengganti view menjadi isometrik. Secara tidak langsung anda akan melihat 3 sumbu x, y dan z.

AutoCAD Sumbu XYZ

Sumbu xyz ini dapat diartikan menjadi 6 view yang berbeda, misalnya sumbu x untuk pandangan kiri dan kanan, sumbu y untuk pandangan depan dan belakang, dan sumbu z untuk pandangan atas dan bawah. Penentuan posisi pandangan pun tidak tetap, karena anda akan bermain dalam area view.

Untuk pemahaman tentang penggunaan sumbu xyz dalam 3D, anda dapat melihat video dibawah ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*