News Ticker

Perintah Dasar Blender

MufasuCAD.com – Ada banyak sekali perintah keyboard dalam Blender yang dapat digunakan untuk mempermudah anda mengerjakan sebuah projek. Namun tidak perlu kesemua perintah-perintah itu anda hafal atau kuasai dan hanya perlu mengetahui sedikit dasar perintah yang sering digunakan.

Perintah Dasar Blender

Perintah Dasar Blender

  • TAB – Mengubah kondisi antara Object Mode dan Edit Mode
  • O – Mengubah kondisi antara Propotional Editing Object On dan Off
  • A – Melakukan seleksi dan non seleksi ke seluruh objek kerja
  • B – Melakukan seleksi objek dengan cara di Drag
  • Space Bar – Memunculkan fungsi search atau menu tool
  • Arrow – Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi
  • R – Merotasi sebuah obyek atau vertices
  • S – Mengatur skala sebuah obyek atau vertices
  • G – Memindahkan sebuah obyek atau vertices
  • P – Memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam edit mode
  • Shift + D – Menduplikat sebuah obyek atau vertices
  • E – Extrude vertices yang telah dipilih didalam edit mode
  • U – Didalam object mode berfungsi untuk menampilkan Single User menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai undo
  • M – Memindahkan obyek ke layer lain. Didalam edit mode berfungsi sebagai mirror
  • Z – Merubah view dari wireframe menjadi solid
  • Alt + Z – Merubah view tekstur atau tembus pandang
  • P – Untuk memulai mode game
  • ALT / CTRL + P – Membuat atau menghapus hubungan Parent/Child
  • N – Menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk numeric
  • Ctrl + J – Menggabungkan obyek
  • Alt + A – Menjalankan animasi
  • F – Membuat sebuah sisi pada edit mode
  • W – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih
  • X atau Delete – Menghapus obyek, vertices, atau sisi
  • I – Memasukkan animasi
  • ALT + U – Menampilkan Global Undo Command
  • ALT + C – Mengkonversi menjadi meshes, text dan curves
  • Shift + Space – Menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif
  • Ctrl + 0 – Memilih sebuah camera

2 Comments on Perintah Dasar Blender

  1. TAB – Mengubah kondisi antara Object Mode dan Edit Mode
    O – Mengubah kondisi antara Propotional Editing Object On dan Off
    A – Melakukan seleksi dan non seleksi ke seluruh objek kerja
    B – Melakukan seleksi objek dengan cara di Drag
    Space Bar – Memunculkan fungsi search atau menu tool
    Arrow – Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi
    R – Merotasi sebuah obyek atau vertices
    S – Mengatur skala sebuah obyek atau vertices
    G – Memindahkan sebuah obyek atau vertices
    P – Memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam edit mode
    Shift + D – Menduplikat sebuah obyek atau vertices
    E – Extrude vertices yang telah dipilih didalam edit mode
    U – Didalam object mode berfungsi untuk menampilkan Single User menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai undo
    M – Memindahkan obyek ke layer lain. Didalam edit mode berfungsi sebagai mirror
    Z – Merubah view dari wireframe menjadi solid
    Alt + Z – Merubah view tekstur atau tembus pandang
    P – Untuk memulai mode game
    ALT / CTRL + P – Membuat atau menghapus hubungan Parent/Child
    N – Menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk numeric
    Ctrl + J – Menggabungkan obyek
    Alt + A – Menjalankan animasi
    F – Membuat sebuah sisi pada edit mode
    W – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih
    X atau Delete – Menghapus obyek, vertices, atau sisi
    I – Memasukkan animasi
    ALT + U – Menampilkan Global Undo Command
    ALT + C – Mengkonversi menjadi meshes, text dan curves
    Shift + Space – Menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif
    Ctrl + 0 – Memilih sebuah camera

Leave a comment

Your email address will not be published.


*