News Ticker

Shadow Kelemahan Rendering Di AutoCAD 2016

MufasuCAD.com – AutoCAD 2016 memang telah memberikan berbagai macam trobosan baru guna mempermudah pengguna untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Salah satu improve yang dikembangkan adalah dalam sektor rendering yang menjadi lebih ringkas dari versi sebelumnya.

Proses rendering pada AutoCAD 2016 telah diatur berdasarkan tingkat kualitas rendering serta waktu rendering, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk melakukan berbagai macam settingan seperti global illumination, shadow dan lain sebagainya.

Namun yang saya lihat disini, sistem rendering pada AutoCAD 2016 memiliki berbagai macam kelemahan yang cukup fatal seperti tidak adanya settingan khusus untuk menciptakan shadow atau bayangan yang lebih realistis. Kelemahan ini pun terlihat cukup jelas ketika anda ingin melakukan proses rendering untuk single part dengan menggunakan efek lighting.

Seperti yang terlihat dibawah ini, properties pada objek light sudah tidak terdapat settingan shadow.

AutoCAD 2016 Shadow Options

Untuk versi lamanya anda masih dapat melihat settingan shadow.

AutoCAD 2015 Shadow Options

Hasil renderan AutoCAD 2016 memiliki bayangan yang terlihat kaku dan kurang realistis dengan kualitas medium.

AutoCAD 2016 Shadow Render

Jika dibandingkan pada versi sebelumnya dengan menggunakan kualitas rendering yang sama, anda dapat melakukan perubahan kondisi shadow atau bayangan pada objek kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya hasilnya akan jauh lebih baik.

AutoCAD 2015 Shadow Render

Secara keseluruhan, shadow merupakan salah satu kelemahan terbesar yang terdapat pada engine rendering terbaru di AutoCAD 2016.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*